Pertanyaan Umum

Wakavia adalah platform wakaf produktif Indonesia yang berperan untuk mengubah aset wakaf menjadi aset yang produktif. Wakavia berperan sebagai nadzir (pengelola) wakaf yang memastikan pengelolaan aset wakaf tersebut berjalan dengan baik, profitable, akuntable, dan transparan.

Wakaf adalah sedekah yang hakikatnya menyerahkan kepemilikan harta manusia menjadi milik Allah SWT atas nama Ummat dan dimanfaatkan untuk kepentingan Ummat (sosial). Harta wakaf tidak boleh berkurang, tidak boleh dijual dan tidak boleh diwariskan. Sedangkan, wakaf produktif adalah aset wakaf yang dimanfaatkan atau dikelola agar mendapatkan penghasilan/keuntungan yang manfaatnya dapat dimanfaatkan oleh Ummat (sosial) secara lebih besar dan luas. Sebagai contoh: Wakavia diamanahkan untuk menjadi pengelola wakaf (nadzir) berupa wakaf tanah. Karena tanah jika dibiarkan tidak menghasilkan apapun, maka wakavia membangun tanah tersebut menjadi bangunan sewa yang hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan sosial.

Wakaf adalah sedekah jariyah yang berarti pahala wakafnya akan terus mengalir walaupun orang yang sudah mendermakan hartanya untuk wakaf telah meninggal. Berbeda dengan ibadah lainnya (seperti zakat, haji, dll) yang pahalnya akan terputus ketika seseorang sudah meninggal. Keterangan ini berdasarkan hadist Rasulullah SAW. “Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah amal perbuatannya, kecuali tiga hal; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang selalu mendoakannya. [HR. Muslim, Imam Abu Dawud, dan Nasa’i]

Cara berwakaf di Wakavia sangat cepat dan mudah. Pertama, kamu bisa langsung memilih proyek wakaf yang kamu inginkan tanpa perlu daftar terlebih dahulu. Kemudian, masukan nominal wakaf yang ingin kamu berikan dengan minimal nominal sebesar Rp 100.000,-. Setelah itu, isi beberapa data pelengkap untuk kepentingan informasi, klik bayar, dan lakukan pembayaran. Setelah bayar, konfirmasi pembayaran pada laman yang tersedia di wakavia (saat setelah klik bayar) berupa bukti transfer. Selasai! Kamu akan tercatat di Wakavia sebagai wakif (donatur wakaf) dan tentunya InsyaAllah juga tercatat sebagai amalan oleh Allah SWT. Aamiin. Kamu juga akan mendapatkan perkembangan informasi terkait wakaf produktif dan hasilnya atas wakaf yang sudah kamu pilih.

Dana yang disetorkan oleh wakif terdiri dari 97% wakaf, 3% dana operasional Wakavia, sehingga dana wakaf tetap dikelola sepenuhnya dan tidak dipotong.

Sistem wakavia membutuhkan maintenance, hosting, domain, programmer hingga SDM yang semuanya membutuhkan dana operasional demi menjaga kelangsungan agenda kebaikan ini.

Aset wakaf sejatinya adalah milik ummat dan secara hukum dibawah pengelolaan Nadzir. Nilai harta dari wakaf tidak boleh berkurang, tidak boleh dijual dan tidak boleh diwariskan. Wakaf akan menjadi milik negara jika nadzir mengundurkan diri/diberhentikan atau sudah tidak mampu mengelola lagi.

Hubungi Wakavia melalui email [email protected] dan nomor whatsapp +6281299606046.